Senin, 29 Januari 2018

📝 APA ITU TAUHID 📝




💡 Saudara sekalian semoga Allah سبحانه وتعالى memberikan pemahaman kepada kita semua. Sebelum jauh melangkah, di dalam silsilah ini (silsilah ilmiyyah belajar tauhid) tentunya kita harus benar - benar memahami apa makna TAUHID yang wajib kita pelajari dan kita amalkan.

💡 TAUHID secara bahasa adalah mengEsakan.
Adapun secara istilah maka TAUHID adalah mengEsakan Allah di dalam beribadah.

💡 Seseorang tidak dinamakan bertauhid sehingga meninggalkan peribadatan kepada selain Allah سلحانه وتعالى seperti berdo'a kepada selain Allah, bernadzar untuk selain Allah, menyembelih untuk selain Allah dan lain - lain.

💡 Apabila seseorang beribadah kepada Allah dan menyerahkan sebagian ibadah kepada selain Allah, siapa pun dia baik kepada seorang nabi, malaikat atau selainnya maka inilah yang dinamakan dengan syirik, yaitu menyekutukan Allah di dalam beribadah.

❤ Allah سبحانه وتعالى berfirman :

وإذ قال إبراهيم لأبيه وقومه إنني براء مما تعبدون 
إلا الذي فطرني

"Dan ingatlah ketika Ibrahim berkata kepada bapaknya dan kaumnya sesungguhnya aku berlepas diri dari apa yang kalian sembah kecuali Dzat Yang Telah Menciptakan ku" 
( QS Az zukhruf : 26 - 27)

❤ Rasulullah صلى الله عليه و سلم bersabda :

من قال لا إله إلا الله و كفر بما يعبد من دون الله حرم ماله ودمه وحسابه على الله 

"Barangsiapa yang mengatakan لا إله إلا الله dan mengingkari segala sesuatu yang disembah selain Allah maka haram harta dan darahnya (yaitu tidak boleh diganggu) dan perhitungannya atas Allah (HR. Muslim)

💡 Oleh karena itu, RUKUN KALIMAT TAUHID  لا إله إلا الله  ada 2 yaitu :

1. Nafi' (نفي) atau pengingkaran

Yaitu pada kalimat "لا إله" yang artinya Tidak ada tuhan yang berhak di sembah. Ini adalah kalimat pengingkaran yakni mengingkari tuhan - tuhan selain Allah سبحانه وتعالى 

2. Itsbat ( إثبات) yaitu penetapan

Yaitu pada kalimat "إلا الله" yang artina kecuali Allah. Ini adalah kalimat penetapan yakni menetapkan Allah سبخانه وتعالى sebagai satu - satunya sesembahan.

والله الموافق

Abdullah Roy, di kota Madinah

Disalin oleh : Umayya Alifa dari rekaman audio HSI 181 - 28



#GRUPHSI
#MARIBELAJAR
#ALFAQIIROHILAALLAH
#Halaqohke06

Tidak ada komentar:

Posting Komentar